Asal Muasal Kerajaan Sunda


Dari mana asal muasal berdirinya Kerajaan Sunda?

Mungkin diawali dengan gelombang migrasi penduduk dari Negeri Yawana, India, ke Nusantara pada tahun 6000 SM. Alasan migrasi? Sama seperti menjawab alasan bangsa modern Eropa bermigrasi ke Amerika dan Australia. Sama seperti nenek moyang manusia, Adam melepaskan kenyamanan surga dan bermigrasi ke bumi. Sepanjang sejarah hidupnya, manusia merindukan travelling.

Sejarah mulai berubah sekitar tahun 130 M. Seorang Aki Tirem (leluhur orang sunda) penghulu sebuah kampung menerima kunjungan tim ekspedisi dari negeri Pallawa India, yang dipimpin Dewawarman.
 
Mula mula Dewawarman berkunjung untuk memenuhi pasokan logistik untuk rombongannya. Karena Aki Tirem mempunyai masalah dengan para bajak laut di selat sunda (Lokasi kediaman Aki Tirem dipercaya di sekitar Gunung Salak Pandeglang sekarang, dengan pelabuhan Teluk Lada yang ramai dengan kegiatan perdagangan), maka Dewawarman dengan pasukan terlatih diminta memerangi gangguan bajak laut ini. Misi berhasil.
 
Kejadian dengan bajak laut selat Sunda menjadikan kemitraan Aki Tirem - Dewawarman semakin erat. Lebih erat lagi ketika Dewawarman mempersunting puteri sang Aki, Dewi Pohaci Larasati. Akhirnya seluruh rombongan ekspedisi memutuskan untuk bermukim di tanah baru ini.
  
Sepeninggalan Aki Tirem, Dewawarman mendeklarasikan sebuah kerajaan baru bernama Salakanagara. Ini terjadi pada tahun 130 M. Salakanagara berarti negeri perak. Sangat mungkin dinamakan demikian karena saat itu masa pembuatan benda benda dari logam sedang berkembang pesat di daerah tersebut. Sejalan pula dengan penulisan kata negeri Argyre oleh Claudius Ptolemeus (150 M) yang juga berarti negeri perak. Sementara beberapa sumber dari China menyebutnya Koying.
  
Dan era kerajaan di tatar Sunda dimulai dari sini..

0 Waleran:

Sapuluh Seratan nu Pangpajengna Diaos